Cara menulis blog untuk mendapatkan penghasilan tambahan

Siapa sih yang nggak mau penghasilan tambahan? Blogging atau ngeblog (menulis artikel untuk blog) adalah salah satu cara kita bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Penghasilan yang kita dapat dari ngeblog ini bisa dibilang penghasilan pasif (pasif income), yang artinya nanti saat blog kita sudah terkenal kita tidak perlu ngapa-ngapain lagi pun tiap hari kita bisa dapat pemasukan dari blog tersebut. Menarik kan?

Tentu menarik, kalau kamu sudah sukses ngeblog. Tapi tidak semudah itu lho, tidak ada cara kaya instan ya. Ngeblog adalah pekerjaan yang perlu konsistensi, harus ditekuni. Awal-awal ngeblog kamu tidak bisa mendapatkan penghasilan begitu saja. Kalau kamu dari awal sudah berharap langsung dapat banyak uang dengan ngeblog, kamu pasti bakal kecewa. Tidak begitu. Kamu hanya bisa mendapatkan hasilnya nanti, paling tidak setelah setahun atau dua tahun. Semua butuh proses bro.

Dari mana penghasilan blogging bisa didapat?

Kalau kamu bertanya-tanya, emang ngeblog itu dapat duitnya dari mana? Jawabannya, ada banyak sih, tapi yang paling menarik untuk dibahas adalah hasil dari penayangan iklan Google yang dikenal dengan AdSense.

Gampangnya begini, kalau blog kamu sudah mulai banyak pengunjung, dan setiap hari selalu ada aja yang baca, kamu bisa join / mendaftar untuk mendapatkan akun Google AdSense. Kalau blogmu diterima, nantinya kamu bakal bisa menampilkan iklan Google. Nah, kalau ada yang ngelihat iklan dan mengklik iklan di blogmu, kamu bakal dapat sedikit uang yang dibayarkan pemasang iklan kepada Google. Ya, sedikit, tapi sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit bukan?

Bagaimana cara membuat blog?

Ada banyak cara membuat blog, mau yang gratisan ada, yang berbayar juga ada. Di sinilah bisa dikatakan apa bedanya website dengan blog, secara gampangnya, kalau blog itu identik dengan website gratisan, kalau website identik dengan tidak gratisan (berbayar). Tapi lupakan saja dahulu, karena panjang ceritanya mengenai apa bedanya blog dan website.

Kalau kamu mau memulai dengan cara gratisan, kamu bisa memulai menulis artikel blogmu di salah satu dua platform ini (ada banyak sebenarnya, tapi yang paling handal ada dua ini), yaitu Blogspot dan WordPress.

Sudah hal yang lumrah, untuk memulai sesuatu online, biasanya kamu harus membuat akun. Jadi silahkan buka salah satu dari dua link di atas, entah Blogspot atau WordPress, buat akun, dan nanti pasti kamu mendapat arahan untuk memulai blogmu.

Sebenarnya selain Blogspot dan WordPress ada lagi platform blogging yang terkenal bagus, yaitu Medium. Tapi berhubung di Medium kamu ngga bisa nampilin iklan, ya buat apa gitu ya… Ngga usah dibahas.

Antara Blogspot dan WordPress

Karena yang menjadi fokus pembicaraan artikel ini adalah cari uang melalui blogging dengan cara menampilkan iklan AdSense, maka yang paling disarankan kalau mau membuat blog pakai Blogspot saja, karena sangat teroptimisasi dengan iklan AdSense.

Cara pusaka mencari uang lewat blogging

Sudah menjadi rahasia umum, rahasia sukses ngeblog adalah, kamu harus bisa menulis artikel yang diminati orang, banyak orang yangbaca. Itu saja. Caranya bagaimana? Panjang ceritanya. Tapi yang paling jelas adalah, tulislah apa yang menjadi kebutuhan banyak orang. Jadi kamu harus tahu kebanyakan orang butuh baca apa, trend sekarang apa, jadi kamu usahakan ngeblog tentang topik itu.

Lalu cara mencari tahu apa yang sedang ngetrend?

Untuk mengetahui apa yang sedang ngetrend, ada alatnya, yang juga dibuat oleh Google. Yaitu Google Trends. Buka link ini untuk melihat apa yang lagi ngetrend di Indonesia: https://trends.google.co.id/trends/?geo=ID

Tapi ingat, ini yang repot, semakin kamu membidik topik yang trending, semakin banyak pula kompetitor atau blogger-blogger penyaing yang bisa membuat kamu ngerasa ciut duluan. Ya kalau mau kerja berarti harus mau berkompetisi. Tidak ada pekerjaan yang enak, hehehe.

Bagaimana kalau tidak ngeblog tentang topik yang trending? Itu niche namanya

Tidak melulu kamu harus memburu topik yang lagi trending. Kamu juga tetap bisa fokus pada niche dan topik yang spesifik terlepas lagi trending ataupun tidak. Misalnya, kamu blogging tentang ikan koi. Otomatis pesaing blogger yang berbicara tentang iklan koi tidak sebanyak blogger yang bicara tentang hape Android misalnya. Nah di situ kamu lebih mudah berkompetisi.

Penghasilan pasif sebagai tambahan penghasilan dari blog

Kalau blog kamu sudah jalan dan tiap saat terus menerus dibuka orang, jika blog kamu juga sudah dimonetisasi dengan iklan AdSense, otomatis kamu akan melihat uang mengalir ke akun AdSense kamu.

Semakin banyak kunjungan dan klik, semakin banyak uang yang kamu dapat. Jadi tidak ada yang rahasia di sini, intinya kalau kamu mau uang yang lebih banyak, blog kamu harus lebih terkenal.

Jadi, yang membatasi seberapa banyak uang yang kamu dapat dari ngeblog adalah seberapa terkenal blog/website kamu.

Terus maju, berjuang, dan jangan pernah menyerah. Memang blog kamu tidak sebesar dan seterkenal yang kamu inginkan, tapi pasti blog kamu lebih bagus dari sebelumnya, selalu begitu waktu demi waktu. Jadi terus berusaha yah gaes.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *