Cara menghitung estimasi pengeluaranmu dalam sebulan

Kalau kamu mau sukses, kamu harus selalu menghitung, harus selalu punya perhitungan, akan segala sesuatu, termasuk yang paling penting dalam hal keuangan.

Kita bekerja karena kita punya kebutuhan hidup, selalu ada pengeluaran dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena kita perlu duit untuk menutupi pengeluaran (membayar pengeluaran) kita perlu bekerja.

Kunci mengatasi kebutuhan dan pengeluaran adalah mendapatkan pemasukan yang lebih banyak dari pengeluaran.

Oleh karena itu, mau seperti apapun kamu bekerja dan mendapatkan uang, tapi kalau kamu tidak tahu cara mengkontrol pengeluaranmu, maka apa gunanya kamu bersusah payah bekerja karena kalau kamu lepas kontrol terhadap pengeluaranmu bisa-bisa pengeluaran kamu jauh lebih banyak dari pemasukan/pendapatanmu.

Bagaimana cara mengkontrol pengeluaran

Cara mengkontrol pengeluaran adalah mencatat seberapa banyak pengeluaran rutinmu. Lalu hitung, dalam sebulan berapa banyakkah totalnya? Apakah lebih banyak dari pemasukanmu atau lebih sedikit?

Kalau ternyata jumlah pengeluaranmu lebih banyak dari pemasukan, ya mau gimana lagi, kamu harus sortir dan kurangi mana pengeluaran yang tidak terlalu penting/tidak terlalu kamu butuhkan, hingga jumlahnya jatuh lebih sedikit dari pemasukan.

Ingat, dalam memprioritaskan mana pengeluaran yang lebih penting dan mana yang tidak, tanamkan prinsip bahwa kebutuhan berbeda dengan keinginan.

Kalau kamu menuruti keinginan, ngga ada habisnya bro. Dahulukan apa yang kamu butuhkan, lalu jika ada sisa duit, kamu bisa menuruti keinginanmu. Tapi kalau pas-pasan juga, lebih baik tunda saja keinginanmu dan prioritaskan menabung.

Aplikasi penghitung jumlah pengeluaran

Ada aplikasi yang simpel dan keren banget untuk menghitung seberapa banyak pengeluaranmu dalam sebulan. Kamu juga bisa melihat rata-rata pengeluaranmu dalam sehari seberapa serta bagaimana perbandingannya dengan pemasukanmu.

Aplikasi itu dikenal dengan aplikasi Kalkulator Pengeluaran. Kamu bisa download aplikasi tersebut untuk perangkat Androidmu dari Google Play. Ini linknya: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ciihuy.pengurasdompet

Di aplikasi ini ada 4 macam grup pengeluaran yang bisa kamu isi detilnya:

  • pengeluaran harian
  • pengeluaran mingguan
  • pengeluaran bulanan
  • dan pengeluaran tahunan

Pengeluaran harian bisa kamu isi seperti beli sarapan, kopi, bayar tiket KRL, dan lain sebagainya yang sekiranya setiap hari rutin kamu keluar uang di situ.

Pengeluaran mingguan ya seperti yang biasanya tiap seminggu sekali kamu perlu bayar; begitu juga bulanan dan tahunan.

Lalu nanti di bagian paling bawah aplikasi ini akan muncul total semua pengeluaranmu secara detil serta nila rata-ratanya. Kamu akan tahu berapa rata-rata pengeluaranmu dalam sehari, seminggu hingga setahun.

Kemudian silahkan kamu renungi, penghasilanmu sebulan seberapa, apakah bisa mencukupi kebutuhan bulananmu? Nah, kalau ternyata ada pengeluaran yang tidak perlu, bisa kamu kurangi dari daftar pengeluaranmu.

Setelah semua sudah terkontrol, tinggal kerjakan, praktekkan, jangan mengeluarkan uang yang tak terkontrol sehingga kamu selalu kecukupan. Sederhana ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *